Posted on 07/02/2021 in Paket Wisata

Tugas dan Fungsi Tour Planner Biro Perjalanan Wisata

Apa itu tour planner ? Tour planner adalah seseorang bekerja di Biro Perjalanan Wisata yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam merencanakan suatu perjalanan wisata yang selanjutnya disusun ke dalam dokumen jadwal perjalanan wisata ( tour itinerary ) sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Cara Menyusun Paket Wisata

Tugas dan Fungsi Tour Planner Biro Perjalanan Wisata • Tour itinerary bukanlah jadwal perjalanan saja, namun merupakan dokumen perjanjian Biro Perjalanan Wisata sebagai penyelenggara perjalanan wisata dengan pemakai jasa perusahaan perjalanan, dimana didalamnya memuat 5 ( lima ) komponen sebagai berikut :

A. Judul

Judul paket wisata haruslah dibuat yang menarik dan membuat penasaran bagi pembacanya, namun janganlah ‘bombastis’ dan tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. Judul yang tidak sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan hanya akan membuat pelanggan Anda berpindah ke Travel Biro lainnya.

Sebelum membuat judul hendaknya Tour Planner memahami jenis/ type wisata yang akan disusun, diantaranya adalah :

Jenis Paket Wisata
  1. Pleasure Tourism Yaitu paket wisata yang disusun untuk tujuan ingin mengetahui suatu daerah tujuan wisata dalam acara mengisi liburannya guna menghilangkan kepenatan diri atas rutinitas sehari-hari.
  2. Recreation Tourism Jenis paket wisata yang disusun dengan tujuan utamanya memanfaatkan hari liburnya guna pemulihan kesegaran jasamani maupun rohani.
  3. Cultural Tourism Paket wisata yang diselenggarakan khusus untuk mengetahui adat-istiadat, gaya dan cara hidup suatu bangsa, sejarah, seni budaya maupun acara keagamaan.
  4. Adventure Tourism Paket wisata yang dilakukan di alam terbuka untuk melatih ketangkasan jasmani serta menyegarkan rohani dengan mengambil resiko yang cukup membahayakan keselamatan jiwa dengan dipandu oleh seseorang atau lebih yang berpengalaman.
  5. Sport Tourism Paket wisata yang dilakukan dalam rangka melatih atau melakukan uji ketangkasan jasmani atau mengikuti pertandingan olah raga di daerah atau di negara lain.
  6. Bussiness Tourism Paket wisata yang dilakukan dalam rangka melakukan studi kelayakan usaha di daerah atau di negara yang dikunjungi.
  7. Convention Tourism Paket wisata dalam rangka mengikuti kegiatan atau mengahadiri suatu acara konferensi, seminar, pameran atau sejenisnya yang diselingi dengan kegiatan wisata diwaktu senggangnya.
  8. Special Interest Tourism Paket wisata khusus yang memerlukan keahlian dan kemampuan khusus pula bagi pesertanya dengan klasifikasi jumlah pesertanya yang terbatas seperti pilgrime, terjun payung, gantole atau sejenisnya.
Isi Judul Paket Wisata

Isi dalam judul paket wisata seyogyanya memuat hal-hal sebagai berikut :

  1. Nama daerah tujuan wisata, misalnya : Lampung, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Bali, Lombok, Labuan Bajo NTT dan lainnya. Bisa juga diwakili oleh nama obyek wisata yang sangat populer dari kota tersebut.
  2. Jumlah hari dan malam, tulis jumlah hari berdasarkan hari apa berangkat hingga kembali ke star point, misalnya berangkat Jumat dan pulangnya Minggu, maka ditulis 3 Hari. Sedangkan jumlah malam dihitung berdasarkan pada jumlah menginap di hotel berapa malam ( tidak termasuk malam dalam perjalanan ).
  3. Jenis/ type dan tema wisata, sertakan 8 jenis wisata sesuai yang tersebut di atas sesuai dengan tema wisata tersebut.
Contoh Judul

Misalnya saja Travel Biro di kota Jakarta akan membuat paket wisata ke kota Semarang, berangkat Jumat malam dan kembali Minggu malam, maka cara penulisan judulnya disesuaikan dengan dengan jenis dan tema sebagai berikut :

  • Pleasure Tourism, judul misalnya : Explore Lawang Sewu 3 Hari 1 Malam, Semarang Excotic Tour Hari 1 Malam.
  • Recreation Tourism, judul misalnya : Semarang Kota Lama 3 Hari 1 Malam, Gedongsongo Fun Tour 3 Hari 1 Malam.
  • Cultural Tourism, judul misalnya : Ambarawa Old Steam Loco 3 Hari 1 Malam, Napak Tilas Sam Poo Kong Hari 1 Malam.

Sedangkan jenis wisata lainnya dapat Anda tuangkan kreasi sendiri. Misalnya : Sensasi Jet Sky Marina Semarang 3D1N ( Sport ), Jelajah Batik Semarangan 3D1N ( Business ), Semarang Expo 3D1N ( Convention ), Tapak Mangrove Semarang 3D1N ( Special Interest ).

B. Jadwal Perjalanan Wisata

Jadwal perjalanan wisata ( tour itinerary ) merupakan dokumen penting yang memuat perjanjian antara pengguna jasa wisata dengan penyelenggara perjalanan wisata dimana didalamnya memuat secara global mengenai daftar rencana kunjungan wisata , harga paket wisata maupun kondisi atau fasilitas wisata yang disediakan penyelenggara kepada pengguna jasa wisata tersebut.

Ada 3 ( tiga ) macam jenis tour itenerary yang sering digunakan oleh  para penyelenggara perjalanan wisata, antara lain adalah : essay style, tabulated style dan graphic style.

  • Essay style ( bentuk uraian ), jadwal perjalanan wisata yang disusun dalam bentuk uraian singkat mengenai program kunjungan wisata yang akan dilakukan tiap-tiap harinya.
  • Tabulated style ( bentuk tabel ), jadwal perjalanan wisata yang disusun dalam bentuk tabel atau kolom-kolom yang memuat hari dan tanggal, tempat, waktu, acara dan keterangan.
  • Graphic style ( bentuk grafik ), penyajian jadwal perjalanan wisata dalam bentuk symbol gambar masing-masing komponen yang digunakan dalam program wisata.

C. Harga Paket Wisata

Hal-hal perlu diperhatikan dalam menyusun harga paket wisata adalah jumlah nominal biaya per orangnya, mata uang, minimum jumlah peserta dan masa berlakunya harga tersebut.

Contoh dan penempatan penulisannya sebaiknya setelah Jadwal Perjalanan Wisata, misalnya : Rp.123.456 / per orang ( minimum 20 orang ) – Efektif 31 Desember 2021

D. Apa yang termasuk biaya

Hindari pencantuman kalimat dan kata yang ambigu dan tidak jelas dalam Apa Yang Termasuk dan Tidak Termasuk dalam harga paket wisata terutama dalam penulisan tranportasi dan akomodasi.

Contoh Harga Paket Wisata Yang Benar

Harga Termasuk :

  1. Tiket pesawat Jakarta – Semarang – Jakarta, klas Ekonomi
  2. Transportasi lokal, Luxury Medium Bus 33 seater.
  3. Akomodasi bintang 4, ( sebutkan nama hotel ) / similar, Twin Share dan termasuk makan pagi.
  4. Refreshment 2 kali
  5. Makan siang dan malam sesuai jadwal di atas
  6. Tiket masuk wisata ( pintu utama )
  7. Tour leader dan pemandu wisata lokal
  8. Dokumentasi foto dan video
  9. Souvenier topi tiap peserta
  10. Asuransi wisata

Harga Tidak Termasuk :

  1. Penanganan bagasi di bandara dan hotel.
  2. Tip hotel,sopir dan pemandu wisata.
  3. Single supplementary/ upgrade kamar hotel.
  4. Tambahan makanan dan minuman/ mini bar hotel.
  5. Wisata tambahan ( optional tour )

E. Catatan ( note )

Catatan kecil ini mewakili syarat dan ketentuan yang berlaku secara umum, misalnya adanya force major atau lainnya. Misal : Harga sewaktu-waktu bisa berubah jika ada kenaikan seperti : BBM, kenaikan harga tiket wisata, dan lain-lain.