Posted on 25/04/2020 in Transportation

Bus Wisata Medium Semarang Gumara

Catatan perjalanan : Semarang Solo selama 4 hari 3 malam bersama Atayatours dan Gumara Transport.

Ini adalah catatan pribadi saya selaku pemandu wisata Semarang tentang pelayanan transportasi Bus Pariwisata Medium Gumara Transport pada bulan Maret 2020 lalu.

Seperti biasanya sehari sebelum hari penjemputan saya selalu kordinasi dengan awak kru transportasi mengenai titik lokasi penjemputan dan pengecekan perlengkapan dan peralatan moda transportasi yang akan digunakan dalam kegiatan wisata rombongan.

Transportasi menjadi komponen industri pariwisata yang memiliki peran paling vital dan menjadi kunci awal keberhasilan penyelenggaraan perjalanan wisata bagi semua Travel Biro, karena komponen inilah yang paling lama dinikmati oleh wisatawan.

Transportasi bus pariwisata yang baru dan kekinian menjadi incaran para wisatawan, mereka akan merasa bangga saat turun dari bus, keren dan berkelas. Hal inilah yang membuat hampir semua pengusaha PO Bus berlomba-lomba “membuang” asetnya setelah 3 (tiga) tahun dan menggantinya dengan yang kekinian.

Dari pandangan saya sebagai tour guide di kota Semarang memang tak terbantahkan, meskipun tidak 100 persen harus begitu. Saya lebih memilih personalnya, driver dan kernetnya, dari pada unit dan fasilitas di dalamnya.

Maaf ya, (tidak semuanya sih) kebanyakan sopir yang membawa unit baru dan kekinian cenderung merasa grade-nya sudah di puncak langit, akibatnya lebih suka mengatur dari pada diatur oleh tour leader ( terutama dalam pemilihan rute perjalanan ). Nah, celakanya si “Tour Leader” tersebut tidak memiliki jam terbang yang bagus, sehingga kondisinya terbalik 180 derajat.

Namun, bersama PO Gumara Transport Semarang saya sama sekali tidak menjumpai hal yang sangat menakutkan bagi para tour leader atau guide selama dalam perjalanan wisata. Meskipun membawa unit bus terbaru dan nyaris sempurna, namun sang driver dan kernetnya benar-benar kooperatif banget untuk menjaga pelayanan yang prima. Luar biasa !

 

Mereka adalah mas Bisri ( driver: +6285290221853 ) dan mas Lisin ( kernetnya: +6289676560885 ), saya benar-benar bersyukur telah dipertemukan dengan mereka saat melayani grup wisata dari IIKBM Banjarmasin selama lawatannya ke Semarang Solo selama 4 hari 3 malam pada bulan Maret 2020 lalu.

Mereka selalu bertanya, apa yang bisa dibantu hari ini ? Ahaaa … sumprit ! pernah gak kalian ditanya seperti ini oleh kru bus wisata ?

Insting saya sebagai seorang yang berprofesi sebagai pelalu sekaligus penguji kompetensi serta trainner dalam pelayanan prima bertanya: ” Siapakah yang mengajari mereka ? “

Jawabannya sungguh di luar dugaan saya, ternyata mereka bekerja secara alami dan mengedepankan bersyukur serta keikhlasan.

WOW ! semoga tulisan ini membawa inspirasi bagi para pembaca, bahwa dalam melayani perjalanan wisata tidak cukup dengan kecerdasan intelektual, namun yang utama adalah kecerdasan spiritual ( pandai memilah kata – kepada siapa – kapan dan bagaimana cara menyampaikannya ).

Punya rencana kunjungan kerja dan/ wisata ke Semarang ? Hubungi Hartoko Edo https://wa.me/6285756797979